Kamis, 12 Maret 2015

TAHLIL

Pengertian TAHLIL
Tahlil : التهليل at-Tahliil) adalah bacaan kalimat tauhid, yaitu kalimat Lā ilāha illa l-Lāh (لا إله إلا الله, Tiada tuhan selain Allah). Bacaan ini termasuk zikir dan menurut syariat Islam memiliki nilai terbesar dan paling utama ( Wikipedia )

Rasulullah S.A.W mengajarkan doa berikut ini, عن جَابِر بْنَ عَبْدِ اللَّهِ يَقُولُ : سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ : (( أَفْضَلُ الذِّكْرِ لا إِلَهَ إِلا اللَّهُ ، وَأَفْضَلُ الدُّعَاءِ : الْحَمْدُ لِلَّهِ )) Dari Jabir bin Abdullah berkata, “Saya mendengar rasulullah S.A.W bersabda: “Dzikir yang paling utama adalah Laa Ilaaha Illallahu dan doa yang paling utama adalah Alhamdulillah.” (HR. Tirmidzi no. 3305, Ibnu Majah no. 3790, Ibnu Hibban, dan al-Hakim. Al-Hakim menshahihkannya, sedangkan syaikh Al-Albani menghasankannya dalam Shahih Sunan Tirmidzi no. 2692).( Wikipedia )
Tahlil bagi masyarakat di negara kita merupakan sesuatu yang masih kontroversi. Semua pendapat mempunyai dalil sendiri yang semua mereka anggap benar, tetapi biarlah ada perbedaan yang menurut kami itulah indahnya Islam. 
Di tempat kami tidak mempermasalahkan perbedaan itu, kami sepakat tahlil di lakukan tidak hanya sekedar tahlil, tetapi yang lebih penting adalah bagaimana umat Islam bersatu dengan menguatkan ukuwah, bagaimana masyarakat saling membantu dan saling meringankan beban .

0 komentar:

Posting Komentar

 

About

Site Info

Text

TAHLIL & RUKUN KEMATIAN AL MUBAROK Copyright © 2009 Template is Designed by Islamic Wallpers