Sabtu, 17 September 2016

GHIBAH

Ghibah adalah : Kata seorang ulama tafsir, Masruq, “Ghibah adalah jika engkau membicarakan sesuatu yang jelek pada seseorang. Itu disebut mengghibah atau menggunjingnya. Jika yang dibicarakan adalah sesuatu yang tidak benar ada padanya, maka itu berarti menfitnah (menuduh tanpa bukti).” Demikian pula dikatakan oleh Al Hasan Al Bashri. (Jami’ul Bayan ‘an Ta’wili Ayil Qur’an, 26: 167) (https://rumaysho.com/9205-ghibah-dosa-besar.html)

Apakah Ghibah berdosa ?  Menurut imam Ghazali, dosa ghibah adalah lebih keji dari pada perbuatan zina yang dilakukan hingga 30 kali dan jaminannya sudah pasti neraka. Ini artinya ghibah adalah termasuk dosa besar
Banyak diantara kita di masyarkat tidak menyadari, bahkan sudah suatu kebiasaan setiap ada masyarakat yang bergerombol untuk bersantai pasti di situ ada perbuatan ghibah. Memang ghibah terasa manis untuk di lakukan , seakan sebagai pengisi waktu luang. Tanpa disadari bahwa ghibah sama dengan memakan bangkai saudaranya.
Orang yang sudah terbiasa melakukan seolah olah suatu kenikmatan baginya. Banyak diantara tetangga sekitar kita awalnya guyonan, akhirnya memperolok olok ( dalam bahasa jawa gojlokan ) itu suatu yang biasa dilakukan, bahkan orang yang paling menang memperolok olokan yang lain merasa bangga telah mempermalukan temanya. Mereka tidak sadar bahwa ancaman Allah SWT sangat berat .
Semoga kita tidak masuk dalam golongan orang yang suka gibah dan semoga kita bukan golongan orang yang suka memperolok saudara kita sesama muslim.
Untuk menghindari kebiasaan ghibah diantaranya sebagai berikut :
1. Harus punya rasa takut kepada Allah SWT
2. Pikirkan sebelum berucap meskipun bercanda, apakah candaan nanti dosa apa tidak, apakah menyakiti orang lain atau tidak.
3. Harus punya ilmu, karena berkata tanpa didasari ilmu sangat berbahaya.
Wallahu a’lam bish-shawabi


0 komentar:

Posting Komentar

 

About

Site Info

Text

TAHLIL & RUKUN KEMATIAN AL MUBAROK Copyright © 2009 Template is Designed by Islamic Wallpers